Search
  • Arief Bachtiar

Tiga Bisnis menjanjikan yang bisa kamu jalankan selama masa pandemi.

Updated: Sep 15

Pandemi memang tidak bisa dipungkiri telah menghantam banyak sektor yang selama ini telah berjalan baik-baik saja. Sedikitnya pandemi saat ini telah menghantam lebih dari 5% ekonomi beberapa negara dunia begitupun dengan Indonesia. Pada januari 2021, IMF bahkan telah memprediksi adanya penurunan pertumbuhan ekonomi global sebesar 3,5% alias minus.

Kenyataannya sebagaimana yang telah kita jalani pada hari-hari ini, seringkali kita melihat banyak bisnis yang selama ini telah berjalan ternyata memilih untuk gulung tikar. Fenomena ini bahkan tidak pandang bulu, menghantam semua kelas bisnis baik besar maupun kecil.

Meskipun begitu, kehidupan tetap harus berjalan. Kita tidak boleh patah arang dan harus memutar otak bagaimana cara agar “minimal” dapat bertahan dari pandemi ini. Nah, berdasarkan fenomena di atas, berikut kami rangkum beberapa bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan di tengah pandemi.


1. Tutor Online Berbasis Video


Tutor online berbasis video seperti kelas keahlian online, bimbel online atau bahkan fitness trainer online saat ini menjadi primadona baru dalam dunia bisnis di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini. Alih-alih mengejar ad sense layaknya youtuber, anda justru bisa membuat kelas yang lebih sederhana dengan bermodalkan youtube private yang anda set sesuai dengan murid yang telah membayar biaya tutornya kepada anda. Anda juga bisa membuat channel youtube berlangganan yang mengharuskan subscriber anda membayar biaya bulanan untuk berlangganan. Selain itu, ada baiknya anda membuat sebuah landing page yang mengarahkan calon murid anda untuk berpartisipasi dalam kelas yang anda selenggarakan. Tutor online ini sangat menjanjikan, mengingat anda tidak perlu terus-terusan mengulang atau mengajarkan hal yang sama seperti metode pembelajaran konvensional. Anda cukup membuat video singkat yang menarik dan memastikan bahwa murid anda mempraktekkan apa yang anda sampaikan.


2. Retail Online dari rumah


Memiliki toko online yang masif menjadi salah satu trend baru dalam revolusi industry 4.0. Toko online menjanjikan untung berlipat karena anda tidak perlu pusing mengurusi berbagai operasional yang selama ini menjadi momok bagi orang yang mau terjun dalam bisnis retail. Dengan sistem toko online, anda bisa fokus dengan strategi penawaran barang, kupon, promo tanpa harus pusing memikirkan tagihan listrik, iuran sosial atau berbagai biaya operasional lainnya yang diam-diam akan membengkak. Toko online juga membuat anda leluasa dalam mengatur kebutuhan pegawai. Ketika toko yang anda jalankan masih memiliki transaksi yang sedikit, anda cukup menjalankannya seorang diri dari mana saja dan kapan saja tanpa khawatir kehabisan waktu jaga toko yang belum tentu ada pembelinya.


3. Kuliner Online


Bisnis kuliner memang sudah lama menjadi primadona di Indonesia. Pangsa pasar yang besar dan pertumbuhan masyarakat urban membuat bisnis kuliner dilirik oleh banyak orang untuk mengadu nasib. Bisnis kuliner juga tidak membutuhkan terlalu banyak modal saat memulainya. Anda bisa menyesuaikan kemampuan finansial anda dengan presentasi kuliner yang anda inginkan. Era pandemi kali ini banyak pebisnis kuliner yang merevolusi gerainya menjadi gerai online. Alasannya tentu beragam, mulai dari pembatasan kegiatan sosial, jam sibuk masyarakat yang mulai berubah serta kebiasaan masyarakat dalam menghabiskan uang yang tidak seperti biasanya. Hal ini tentunya membuat banyak dari pebisnis kuliner yang harus memutar otak untuk bisa bertahan, dan ternyata lagi-lagi perkembangan teknologilah yang menjadi penyelamatnya. Bermodalkan smartphone, anda bisa menawarkan produk kuliner anda keseluruh Indonesia bahkan seluruh dunia dengan konsekuensi ketahanan dari produk anda sendiri.


Nah, itu tadi berbagai bisnis yang bisa kamu jalankan di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini. Kalau kamu kira-kira bakalan milih yang mana nih?

11 views0 comments